Wikipedia

Hasil penelusuran

Rabu, 26 Agustus 2009

Demi Menghibur Rakyat Camat Menari Di Jalan


lontarnews.com
Bulan Agustus, yang merupakan saat paling bermakna bagi seluruh masyarakat Indonesia, akan terasa hambar kalau di dalamnya, tidak diisi dengan sejumlah kegiatan. Tidak saja olahraga yang bisa digelar pada bulan Agustus itu, tapi berbagai hiburan bahkan permainan rakyat pun bisa digelar, agar kemeriahan Agustus sebagai bulan bersejarah bisa dinikmati seluruh bangsa Indonesia.

Di Kecamatan Umbulsari, dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan, yang jatuh pada Agustus, panitia hari besar nasional (PHBN) kecamatan setempat, berusaha untuk menghidupkan kembali karnaval yang sudah sejak sebelas tahun lalu tidak pernah diadakan. Harapannya, dengan dihidupkannya kembali karnaval ini, masyarakat di daerah itu akan bisa menikmati kemeriahan agustusan.
Keinginan masyarakat di Kecamatan Umbulsari untuk ikut memeriahkan sekaligus menikmati hari terbebasanya bangsa Indonesia dari penjajahan ini, begitu terlihat ketika pendaftaran untuk karnaval dibuka. Masyarakat tampak begitu antusias untuk mengikuti kegiatan karnaval yang sudah sebelas tahun tidak pernah lagi mereka nikmati.
Belum lagi, saat karnaval itu digelar, hampir sepanjang jalan yang dilalui peserta karnaval, masyarakat berdiri dengan sabar menunggu melintasnya arak-arakan. “Wajar kalau masyarakat begitu antusias menyambut karnaval ini, karena sudah sebelas tahun tidak diadakan,” kata Drs Purwoadi, Camat Umbulsari.
Diadakannya kembali karnaval oleh panitia hari besar nasional (PHBN) Kecamatan Umbulsari itu, kata Camat Puruwoadi, berawal dari niatan untuk memberikan hiburan segar kepada masyarakat sekaligus melengkapi kegiatan-kegiatan Agustusan yang digelar di kecamatan itu. Karena itu, untuk pelaksanaannya pihak kecamatan mengupayakannya dengan berbagai cara asal bisa meriah.
Camat Purwoadi sendiri, kaitan dengan kemerian karnaval ini berusaha mengajak pejabat dari jajaran muspika untuk ikut ambil bagian dalam karnaval itu. Hasilnya, tiga pimpinan kecamatan (tripika) Umbulsari, Camat, Danramil dan Kapolsek Umbulsari, ikut tampil di karnaval itu.
Mereka mengenakan pakaian khas Jawa Timur, yang serba hitam lengkap dengan udengnya. Uniknya lagi, ketiga pimpinan tingkat kecamatan itu, tidak hanya tampil sendiri tapi masing-masing ditemani isterinya.
Camat Purwoadi bersama isteri yang berada pada barisan terdepan dalam rombongan karnaval itu, menyuguhkan tontonan sekaligus hiburan menarik kepada penonton yang memadati route karnaval sejak dari start di lapangan Gunungsari hingga finish di halaman kantor Kecamatan Umbulsari.
Dengan luwesnya Camat Purwoadi, melenggak lenggokkan tubuhnya mengikuti alunan tembang Jawa yang diputar panitia karnaval. “Ini untuk menghibur sekaligus agar lebih dekat dengan masyarakat. Makanya kita ngajak teman-teman muspika untuk ikut tampil dalam karnaval ini,” tandasnya.
Ajakan Camat Purwoadi kepada jajaran Muspika itupun bak gayung bersambut. Danramil dan Kapolsek setempat turut ambil bagian dalam karnaval itu dengan mengajak isterinya. “Ini bentuk kebersamaan dan kekompakan dari muspika. Karena dengan modal kekompakan dan kebersamaan ini, semua masalah termasuk pelaksanaan pembangunan akan mudah dilaksanakan,” tambah Danramil Umbulsari. (bhre)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar